Selasa, 01 November 2016

AKAN KAMI KEPUNG SITU GINTUNG DENGAN BUKU

Ke sekian kalinya kami menggelar tikar dan meletakan buku-buku di Situ Gintung untuk dinikmati oleh siapa saja. Belum banyak cerita, rantangan yang kami hadapi tidak seberapa jika dibandingkan dengan mereka yang sudah bertahun-tahun menempuh jalan yang sama seperti kami, tentu dengan cara yang berbeda-beda. Mas Iwan Purnomo orang yang pertama kali mengapresiasi kami, setiap minggu ia tidak pernah bosan mengunjungi kami, karenanya kami merasa tidak sendiri. 
Perjalanan pertama mencari donasi buku ke Purwakarta adalah awal kenapa Perpustakaan Jalanan ini harus tetap ada. Buku dan majalah dari HR. Marfu Muhidin Ilyas, MA seperti vaksin yang diberikan kepada seorang bayi yang baru lahir, dia harus tetap sehat, tumbuh besar dan dewasa. 
Kang Rudy Ramdani dan Teh Seli Desmiarti sesungguhnya adalah inspirator semua ini. Karenanya saya mengenal banyak hal. Puisi, cerpen, novel, teater dan sebagainya. Saya tidak tahu siapa saya di BALAS? Saya tidak mengerti peran saya di Sang Sastra Purwakarta? Bahkan saya tidak tahu masa-masa itu saya hidup atau tidak? Tapi satu hal yang saya tahu, saya menikmati itu semua. 
Kawan-kawan yang setia menyirami tunas ini agar tetap hidup dan kelak akan meneduhkan orang yang bernaung dibawahnya. Aji Muksih Muhadi, Hafizh Hardian, M Farhan Iskandar adalah pemuda luar biasa yang merelakan hari minggunya membawa buku-buku ke Situ Gintung. Gus Farid dan Sabum Ryan yang memberikan tumpangan untuk bermalam di Purwakarta dengan diskusi Skrpis yang selalau mereka sajikan adalah cemilan yang lezat. Juga kawan-kawan yang lain yang tidak bisa saya sebutkan semuanya. 
Malam ini Perpustakaan Jalanan mendapatkan tambahan buku dari Teh Shufrotul Hasanah dan Kang Fatur Rahim. Sampai saat ini tercatat ada 117 buku dan majalah. Jumlah yang cukup banyak, tapi kami rasa itu tidak cukup. Mungkin terlalu pagi untuk bermimpi. Tapi suatu saat nanti kami akan mengepung Situ Gintung dengan buku. Panjang Situ Gintung adalah 4.182 m jika satu rata-rata lebarnya 20 cm maka kami membutuhkan 20.910 buku. Luar biasa kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar